Jumat, 09 Desember 2011

Tips AS Persiapkan Diri di Kiamat 21 Mei 2011


INILAH.COM, Washington – Isu konspirasi kiamat sudah dekat kian marak. Pemerintah Amerika Serikat (AS) pun memberi cara menyiapkan diri menghadapi ‘kiamat zombie’ pekan ini. Seperti apa?
Banyak jenis siaga darurat bisa dilakukan. Asisten dokter bedah umum Ali Khan dari Centers for Disease Control (CDC) memberi contohnya, yakni ‘kiamat zombie’. “Saat ini Anda bisa tertawa namun saat membaca ini, Anda akan bersyukur membacanya,” tulis Khan di blog resmi CDC.
Bahkan, Anda mungkin mempelajari satu atau dua cara menyiapkan diri untuk darurat nyata tersebut, lanjutnya. ‘Bacaan’ ini tak merujuk pada penceramah tertentu yang memprediksi kiamat akan terjadi pada 21 Mei 2011.
Namun, bahasan ini menunjuk pada sejumlah contoh ‘kebangkitan zombie dalam budaya pop yang memberi kepercayaan pada gagasan kiamat zombie bisa saja terjadi’. Khan menunjukkan pada pembaca mengenai persiapan darurat yang telah lama disusun CDC.
Termasuk, menyediakan perlengkapan darurat berupa air, makanan dan pasokan ‘untuk bertahan selama beberapa hari sebelum menemukan jalan ke perkemahan bebas zombie’ dalam satu rumah.
Atau, jika bencana alam terjadi, persediaan tersebut akan memberi waktu lebih banyak untuk menemukan jalan ke tempat perlindungan, lanjutnya. Mengetahui rute evakuasi, menentukan titik temu dengan keluarga dan membuat daftar kontak darurat juga masuk daftar terpenting.
“Jika zombie mulai marak di jalanan, CDC akan melakukan penyelidikan layaknya menyelidiki wabah penyakit lain,” janji Khan. [mor]