Jumat, 09 Desember 2011

Tips Simpel Menghilangkan Stress

Stress atau tekanan emosi merupakan suatu lumrah dalam kehidupan. Pastinya banyak faktor juga yang mempengaruhi....baik dalam atau dari luar dan pastinya dengan dampak yang beda - beda juga
(kayak ada tingkatannya gitu.....). Nah, disini gak usah dibahas gimana kita bisa stress...yang pasti gimana tips untuk menguragi ataupun menghilangkan stress, kayak di bawah ini :

1. Coba jalan telanjang kaki di dalam rumah atau keliling rumah dan rasakan kayak kamu di rumah tempat peristirahatan dan sedang liburan.

2. Buat ruang tidur kamu dengan aroma berbau vanila atau lavender, dan selalu gunakan seprai dengan bau tersebut masih nempel, kamu akan ngerasa jauh lebih rileks.

3. Lihat langit biru, dan pandangin awan yang sedang berarak.

4. Coba rendam handuk kecil dalam air hangat yang dicampur minyak vanila atau lavender. Lalu gosokkan di belakang leher, wajah, dan tangan yang kaku.

5. Oleskan minyak lavender di pergelangan tangan dan cium baunya beberapa kali.

6. Minum teh hijau. Minuman ini penuh dengan theanin, yang meningkatkan produksi gelombang alfa dari otak dan menurunkan produksi gelombang beta yang menyebabkan ketegangan. Demikian pula teh hitam, sama seperti teh hijau juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Teh hitam juga dapat menyeimbangkan kadar hormon, sehingga bisa mengurangi stres. Teh hitam juga dapat menyeimbangkan tingkat kolesterol dalam tubuh sehingga mengurangi risiko stroke. 
 7. Ampas teh juga dapat digunakan untuk mengurangi bengkak di mata karena lelah yang berkepanjangan. Jika ingin mencoba, kantong teh hitam disimpan di kulkas lalu dipijat-pijatkan pada area mata.
8. Minum air dingin, lalu jalan-jalan di luar. Air dingin ini akan membantu peredaran darah, dan udara yang ada akan membantu stimulasi endorfin yang akan mengurangi stress anda.
9. Mandi air anget, coba pakai gel mandi mewah dengan bau2an lavender, chamomile dan kenanga. Atau coba beberapa aromaterapi anti stress seperti : jeruk, lemon, rosemary, peppermint, mawar, dan marjoram.
10. Kunyah permen karet rasa kayu manis, selain menyuntikkan energi, permen karet ini membantu membuat anda lebih awas dan mengurangi stress.

Nah.....simpel banget kan....dan pastinya mudah karena bahan - bahannya juga di sekitar kita. dan yang paling penting....obatnya tuh dari diri kita sendiri....