Apakah kamu pernah bertanya bagaimana sejarahterciptanya logo mercedes benz. Toyota, Honda, dan merk mobil lain yang kita kenal sekarang ini? Berbagai model mobil selalu berubah-ubah, tapi ada satu hal yang nyaris abadi, logo perusahaan mobil tidak pernah berubah. Dibalik keabadian logo tersebut ternyata tersimpan maksud dansejarah. Logo tak hanya sekedar simbol identitas visual suatu produk otomotif. Tapi, logo punya fungsi penting — memperkenalkan produk ke pasar dunia.Ada tiga tipe logo mobil yang kini dikenal, berbentu simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya. Ada maksud tertentu atau kisah di balik sebuah logo yang bisa membuat penasaran. Ini cerita dan fakta menarik di balik logo mobil-mobil top dunia.
1.
Mercedes Benz
Logo bintang segitiga
Mercedes punya arti khusus — dominasi perusahaan yang meliputi darat, laut, dan
udara. Sedangkan nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria dan
pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes.
Jellinek tak hanya menjual mobil Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG) namun
berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman. Saat itu dia
mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik nama samarannya, Mercedes.
Saat itu, Mercedes merujuk ke nama
tim dan pengemudi. Namun, saat ini Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan
mobil, Daimler-Motored-Gesellschaft atau DMG, yang didirikan oleh Gottlieb
Daimler dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh Karl
Benz.Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama
kalinya di 1937.
2. Audi
Insinyur Jerman, August Hoch
mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899. Satu dekade kemudian, dia
terpaksa hengkang dari perusahaan yang didirikannya. Tak patah arang, bersama
patner bisnisnya, Franz Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru. Ketika
mendiskusikan nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang sedang belajar
Bahasa Latin di sudut ruangan menanyakan arti ‘audiatur et altera pars’ [bukankah ide bagus untuk menyebutnya
Audi bukannya Horch?] Kata ‘Horc’ adalah singkatan dari kata ‘mendengar’ dalam
Bahasa Jerman. Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti ‘mendengar’.
Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer
merger menjadi satu perusahaan, Auto Union. Kemudian dipilihlah logo berupa
empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi
kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka hingga saat ini.
3.
BMW
Logo lain yang menarik
perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi empat dengan dua warna, putih
dan biru langit berselang-seling. Itu melambangkan baling-baling pesawat yang
berputar di langit biru. Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok
utama mesin pesawat terbang, misalnya ‘Red Baron’ untuk pemerintah Jerman
selama Perang Dunia I. Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah
Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW. Kondisi tak punya
pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah. Perusahaan
tersebut mulai dengan membuat rem kereta api, lalu sepeda bermotor, sepeda
motor, dan lalu mobil yang mendunia.
4. Chevrolet
5. Ferrari
Simbol ‘Cavallino Rampante’
alias kuda jingkrak Ferrari ternyata punya cerita menarik. Simbol itu aslinya
adalah emblem para penerbang Italia dalam Perang Dunia Kedua. Simbol itu
dipakai juga Franceco Baracca — penerbang Italia yang gugur dalam perang. Ketika
Enzo Ferrari memulai perusahaan mobil miliknya, dia menggunakan logo tersebut
di mobil balap Alfa Romeo, atas dorongan orang tua Baracca. Kemudian, ‘kuda
jingkrak’ tak hanya dipasang di mobil Ferrari. Popularitasnya melebihi yang
diperkirakan. Kini, logo Ferrari bisa ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun
yang bisa dibayangkan.
6. Fiat
Pada 1899, perusahaan
bernama “Fabbrica Italiana Automobili Torino” atau disingkat Fiat didirikan di Turin . Poster khusus
dicetak untuk merayakan hari itu. Di kiri atas poster, terdapat gambar seniman
lengkap dengan perkamen kecil berisi nama perusahaan, itulah logo pertama Fiat.
Logo itu kemudian mengalami beberapa modifikasi hingga saat ini. Dalam ulang
tahun ke 100 Fiat, pada 1999 diperkenalkan logo baru berlapis krom dengan
karakteristik khusus pada huruf ‘A’ dengan latar belakang biru. Logo baru Fiat
baru pertama kali digunakan pada Bravo, pada tahun 2006. Logo baru mewakili
visi Fiat — sebuah merek yang fokus terhadap tantangan di masa depan, tetapi
juga bangga dengan identitas historisnya .
7. Ford
Logo mobil asal Amerika
Serikat ini sederhana, dengan huruf ‘Ford’ yang ditonjolkan. Logo ini telah
digunakan lebih dari 50 tahun. Bentuk huruf ini diperkenalkan Harold Wills rekan dekat Henry Ford. Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu
nama. Ketika rekannya, Henry Ford mencari logo untuk perusahaannya, Wills menyodorkan
set cetakan tuanya dan model huruf yang digunakan di masa remajanya untuk
mencetak kartu nama. Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford.
Pada 1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo
terakhir oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor
Company.
8. Lamborghini
Beberapa logo mobil
mencerminkan selera sang pemilik. Salah satunya logo ‘banteng mengamuk’ di
Lamborghini. Pendiri perusahaan, Ferrucio Lamborghini adalah penggila matador,
sampai-sampai memilihnya sebagai logo perusahaan mobilnya. Banyak mobil
Lamborghini yang diberi nama banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam
event-event dunia.
9. Renault
Perusahaan Renault didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21 tahun. Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault bersaudara, Louis, Ferdinand, dan Marcel. Perusahaan ini juga punya logo khusus untuk tank militer — setelah tank ringan produksi perusahaan Renault, FT-17 digemari selama Perang Dunia I. Logo bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang pada tahun 1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang berlaku saat ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol kualitas.
10.
Volkswagen
Sederhana tapi mengena, itu
yang menggambarkan logo mobil Volkswagen. Logo VW adalah adalah satu logo mobil
yang paling sederhana dan cepat dikenal di dunia. Logo berbentuk V di atas
huruf W dengan latar belakang lingkaran warna biru. Volkswagen dalam Bahasa
Jerman berarti ‘mobil rakyat’. Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang
dimenangkan Franz Reimspiess. Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik —
dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman. Adalah ide Hitler untuk memulai produksi
mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche
mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa
dan tiga anak kecil. Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak
memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat — membuka kedok di
balik maksud Hitler sebenarnya. Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris
mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya. Awalnya, orang-orang
menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior. Namun, VW berhasil membuktikan
dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.
11. Volvo
Volvo berarti ‘saya
berputar’ dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal dari kata latin ‘volvere’ yang
berarti berputar. Logo Volvo adalah simbol kuno untuk besi — yakni lingkaran
dengan anak panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan. Simbol ini juga
merepresentasikan ‘Mars’ dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional
dikenal untuk fitur keselamatan. Simbol kuno besi digunakan untuk juga
mencerminkan tradisi kuat industri besi Swedia. Logo Volvo terpasang di atas
latar belakang biru.
12. Hyundai
Perusahaan mobil Korea
Selatan ini memiliki slogan ‘Drive your way’ ini
memiliki logo huruf ‘H’ dikelilingi bentuk oval menggambarkan keinginan kuat
perusahaan untuk mendunia. Huruf H yang miring dan bergaya, juga menggambarkan
simbol dua orang representasi perusahaan dan pelanggan sedang berjabat
tangan.
13. Toyota
Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf ‘T’ yang berarti ‘Toyota ’. Namun, jika diamati lebih dekat,
logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga bentuk oval. Dua oval yang saling
bertautan menyerupai huruf ‘T’ merepresentasikan hubungan saling menguntungkan
dan saling mempercayai antara pelanggan dan Toyota . Latar belakang oval yang lebih besar
menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak terbatas bagi
perusahaan untuk terus maju.