Seperti apa awal mula terbentuknya pembuatan robot.....?
Sejarah Robot: Yunani
Awal
munculnya robot dapat diketahui dari bangsa Yunani kuno yang membuat patung
yang dapat dipindah - pindahkan. Sekitar 270 BC, Ctesibus, seorang insinyur
Yunani membuat organ dan jam air dengan komponen yang dapat dipindahkan. Zaman
Nabi Muhammad SAW pun, telah membuat mesin perang yang menggunakan roda dan
dapat melontarkan bom.
Sejarah
Robot: Tahun 1770
Pada
tahun 1770, Pierre Jacquet Droz, seorang pembuat jam berkebangsaan swiss
membuat 3 boneka mekanis. Uniknya, boneka tersebut dapat melakukan fungsi
spesifik, yaitu dapat menulis, yang lainnya dapat memainkan musik dan orgen,
dan yang ketiga dapat menggambar.
Sejarah
Robot: Tahun 1898
Pada
tahun 1898, Nikola Tesla membuat sebuah boat yang dikontrol melalui radio
remote control, dan didemokan di
Madison Square Garden. Namun usaha untuk membuat
autonomus boat tersebut gagal karena masalah dana.
Sejarah
Robot: Tahun 1967
Pada
tahun 1967, Jepang yang pada saat itu merupakan negara yang baru bangkit,
mengimpor robot dari Versatran dari AMF. Awal kejayaan robot pada tahun 1970,
ketika Profesor Victor Scheinman dari Universitas Stanford mendesain lengan
standar. Saat ini, konfigurasi kinematikanya dikenal sebagai standar lengan
robot. Terakhir, pada tahun 2000 Honda memamerkan robot yang dibangun bertahun
– tahun lamanya bernama Asimo, serta disusul oleh Sony yaitu robot anjing Aibo.
Sejarah
Robot: Jepang
Karakuri ningyo, merupakan istilah
Jepang yang berarti boneka mekanik atau automata, ditemukan pada abad ke-18 dan
19 Masehi. karakuri berarti “peralatan mekanik untuk permainan, hiburan, atau
memberikan kejutan”, sehingga dapat dikatakan bahwa dalam karakuri terkandung hal-hal
magis atau elemen misteri, sedangkan ningyo berarti “orang dan bentuk”
(tertulis dalam dua huruf kanji). dengan demikian dapat dikatakan sebagai
boneka atau patung.
Karakuri dapat dibagi menjadi tiga tipe utama yakni:
- Butai karakuri (stage karakuri), digunakan untuk keperluan dunia teater
- Zashiki karakuri (tatami room karakuri), merupakan tipe karalkuri berukuran kecil
dan digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan
- Dashi karakuri (festival car karakuri), digunakan dalam acara atau festival
keagamaan, dengan menampilkannya mitos-mitos tradisional atau
legenda-legenda Bangsa Jepang.
Ketiga
jenis karakuri tersebut dinilai telah memberikan pengaruh besar bagi
perkembangan dunia teater Jepang seperti Noh, Kabuki, Bunraku.
Berawal dari diciptakannya boneka mekamik karakuri Yumi-hiki doji (pemanah muda) karya Tanaka Hisashige (1799-1881), yang dibuat pertama
kali pada akhir zaman Edo (awal tahun 1800-an), dengan menggunakan bantuan
benang dan mekanisme mirip kerja timer atau pewaktu, dibantu dengan pegas sehingga
dapat menembakan empat anak panah pada sasaran dengan sangat ekspresif layaknya
pemanah manusia dalam kyudo (olahraga panahan).
beberapa gerakan mekanik karakuri pada masa itu berasal dari mekanisme
sederhana, seperti pegas, tali, roda gigi, hingga pemangfaatan beban merkuri
(air raksa), air, maupun pasir.
Dewasa ini, karakuri pun berkembang menjadi:
- Matsuri karakuri, digunakan
untuk keperluan festival
- Kogyo karakuri, digunakan
untuk keperluan hiburan seperti pertunjukan boneka
- Zashiki karakuri, digunakan
untuk keperluan dekorasi (elemen dekoratif) dalam ruangan.
Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan robotika Jepang saat ini
bagaikan pepatah “Manifestasi impian atau harapan dari suatu bangsa yang ada
saat ini merupakan cerminan impian atau harapan dari para pendahulunya”.
Tambahan
Dari WIki
Robot
adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan
pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah
didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk
tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya
kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot
lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan
luar angkasa, pertambangan, pekerjaan “cari dan tolong” (search and rescue),
dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen
di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan
pemotong rumput.
Perkembangan
Robot Sekarang
Ketika
para pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan hewan, mereka
menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit; membutuhkan tenaga penghitungan
yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada masa itu. Jadi, penekanan
perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot sederhana beroda digunakan
untuk melakukan eksperimen dalam tingkah laku, navigasi, dan perencanaan jalur.
Teknik navigasi tersebut telah berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom
yang tersedia secara komersial; contoh paling mutakhir dari sistem kontrol
navigasi otonom yang tersedia sekarang ini termasuk sistem navigasi
berdasarkan-laser dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and Mapping) dari
ActivMedia Robotics dan Evolution Robotics.
Ketika
para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan kembali, mereka mulai dengan
heksapoda dan platform berkaki banyak lainnya. Robot-robot tersebut meniru
serangga dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi. Tren menuju jenis badan
tersebut menawarkan fleksibilitas yang besar dan terbukti dapat beradaptasi
dengan berbagai macam lingkungan, tetapi biaya dari penambahan kerumitan
mekanikal telah mencegah pengadopsian oleh para konsumer. Dengan lebih dari
empat kaki, robot-robot ini stabil secara statis yang membuat mereka bekerja
lebih mudah. Tujuan dari riset robot berkaki dua adalah mencapai gerakan
berjalan menggunakan gerakan pasif-dinamik yang meniru gerakan manusia. Namun
hal ini masih dalam beberapa tahun mendatang.
Masalah
teknis lain yang menghalangi penerapan robot secara meluas adalah kompleksitas
penanganan obyek fisik dalam lingkungan alam yang tetap kacau. Sensor taktil
dan algoritma penglihatan yang lebih baik mungkin dapat menyelesaikan masalah
ini. Robot Online UJI dari University
Jaume I di Spanyol adalah contoh yang bagus dari perkembangan yang berlaku
dalam bidang ini.
Belakangan
ini, perkembangan hebat telah dibuat dalam robot medis, dengan dua perusahaan
khusus, Computer Motion dan Intuitive Surgical, yang menerima pengesahan
pengaturan di Amerika Utara, Eropa dan Asia atas robot-robotnya untuk digunakan
dalam prosedur pembedahan minimal. Otomasi laboratorium juga merupakan area
yang berkembang. Di sini, robot benchtopdigunakan untuk memindahkan sampel
biologis atau kimiawi antar perangkat seperti inkubator, berupa pemegang dan
pembaca cairan. Tempat lain dimana robot disukai untuk menggantikan pekerjaan
manusia adalah dalam eksplorasi laut dalam dan eksplorasi antariksa. Untuk
tugas-tugas ini, bentuk tubuh artropoda umumnya disukai. Mark W. Tilden
dahulunya spesialis Laboratorium Nasional Los Alamos membuat robot murah dengan
kaki bengkok tetapi tidak menyambung, sementara orang lain mencoba membuat kaki
kepiting yang dapat bergerak dan tersambung penuh.
Robot
bersayap eksperimental dan contoh lain mengeksploitasi biomimikri juga dalam
tahap pengembangan dini. Yang disebut “nanomotor” dan “kawat cerdas”
diperkirakan dapat menyederhanakan daya gerak secara drastis, sementara
stabilisasi dalam penerbangan nampaknya cenderung diperbaiki melalui giroskop
yang sangat kecil. Dukungan penting pekerjaan ini adalah untuk riset militer
teknologi pemata-mataan.